kalo menurut gua kiprok soket 4 pada sepeda motor tuh pada dasarnya sama aja ..
cuma kadang letak kaki kakinya soket itu yang beda ... jadi alangkah indahnya dunia ku saat ini..owww... hahaha malah nyanyi ... hehehe
maksudnya alangkah indahnya kalu kita bisa tau soket bagian kakinya . jadi kita bisa masang kiprok ke semua kendaraan , gak harus pusing nyariin merk atau type tertentu. 😁
sebelum kita praktek pastiin dulu lu tau apa itu kiprok ?? apa itu avometer .?? biar g bingung . hahahaha..
putar avo meter pada bagian resistor atau satuan ohm 1x ja . intinya gabungin kabel plus minus avo itu jarumnya jadi jalan di 0 ohm . hehe
tempelin kabel avo ke kaki kiprok . pokoknya soket kirpok tuh jodohnya atas bawah .
cek satu per satu . atas bawah . bolak balik . kita lihat di avometer kalo pas kita tempelin avo meter jalan banyak coba balik kabel avonya . kalo di balik gak jalan berarti itu soket pengisian . jadi waktu avo jalan banyak kabel plus yang dari avo itu berarti kutub positif aki .. yang negatif berarti yang dari spul motor .
trus sebelahnya brarti lampu . soket satu ke massa (body ) yang satu ke lampu .
pokoknya kaya itu lah . semoga tulisanku bisa mudah di mengerti .
hehehe ..
baca pelan2 sama praktekin . pasti ketemu . kalu dah tau rumusnya ini pasti mudah aja. hehe . selamat mencoba