Agar performa tetap terjaga,
karburator harus rutin diperiksa.
Apalagi seiring usia pakai, kondisi
karbu enggak fit kerap terjadi.
Namun kerusakannya ada yang
bisa diperbaiki atau harus beli
baru.
Nah, agar kondisinya tetap
sempurna, yuk ditelusuri apa
penyakit yang kerap meradang di
karbu. Apa aja ya?
Pertama, jika skep macet di badan
karbu dan susah turun biasanya
tekanan mur ke intake manifold
terlalu kencang hingga rumah
skep ketarik. Buat antisiapasi,
coba pakai ampelas halus gosok
sisi depan-belakang rumah skep
sampai skep bisa naik- turun
lancar. Tapi, kalau skep oblak
biasanya langsam jadi tak stabil
akibat ada udara palsu menyusup.
Begitupun jika lubang karbu yang
ke intake melengkung, rpm pasti
susah langsam karena terjadi
kebocoran. Siasatinya, gunakan
kikir datar dan ampelas untuk
ratakan sisi yang tak lurus.
Nosel oblak berefek ke semburan
bensin tak konstan dan rpm
lambat naik. Karbu buatan
Mikuni, silakan tebus nosel dan
jarum skep anyar. Pemakai Keihin
rada pusing karena komponen
karbu orisinal tak dijual bebas.
Pilihannya ganti karbu baru atau
bisa pakai carburator repair kit
non orisinal.
Nah, jika bensin menetes
kasusnya karena jarum pelampung
nggak pas di dudukannya. Coba
ganti jarum pelampung atau
gunakan tips pakai bor 3 mm
yang putar perlahan ke dasar
dudukan jarum pelampung.
(motorplus-online.com)
Cari Blog Ini
Rabu, 06 Februari 2013
Service karburator
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar